Pages

Definisi Teknik Industri

Teknik industri merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang cukup baru dibandingkan ilmu-ilmu teknik lainnya seperti teknik mesin, teknik elektro dsb. Pada beberapa akhir dekade ini, ilmu teknik industri cukup populer dan bisa dibilang sedang menjadi trend tidak hanya di negara-negara industri maju tapi juga di negara-negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia.

Menyebut Teknik Industri tidak lengkap tanpa menyebut Fredrick Winslow Taylor. Taylor mungkin adalah pelopor Teknik Industri yang paling terkenal bahkan Fredrick Winslow Taylor sering ditetapkan sebagai Bapak Teknik Industri meskipun seluruh gagasannya tidak asli. Dia mempresentasikan gagasan mengenai pengorganisasian pekerjaan dengan menggunakan manajemen kepada seluruh anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME). Dia menciptakan istilah "Scientific Management" untuk menggambarkan metode yang dia bangun melalui studi empiris. Kegiatannya meliputi topik-topik seperti pengorganisasian pekerjaan dengan manajemen, seleksi pekerja, pelatihan, dan kompensasi tambahan bagi seluruh individu yang memenuhi standar yang dibuat perusahaan. Scientific Management memiliki efek yang besar terhadap Revolusi Industri, baik di Amerika maupun di luar negara Amerika. Scientific management inilah yang selanjutnya berkembang dengan sebutan teknik industri atau industrial engineering.

Teknik Industri adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang perancangan, perbaikan dan instalasi sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia (untuk manusia biasanya berhubungan erat dengan ergonomi, selengkapnya klik disini), mesin, metode, alat, bahan, informasi, dan energi. Disiplin ilmu ini ditunjang oleh pengetahuan matematika, fisika, ilmu social, dan prinsip-prinsip metode analisis perancangan dan dan desain untuk membangun dan memperbaiki sistem.

Teknik industri memiliki sebutan lain seperti operations management, management science, dan systems engineering. Teknik Industri hanya berasal dari Amerika Serikat, di Eropa atau Inggris tidak dikenal Teknik Industri, tetapi mereka mengenal manufacturing engineering atau engineering management.


Untuk memahami teknik industri lebih dalam bisa dilihat dari bidang-bidang kerja untuk lulusan teknik industri, selengkapnya klik disini.

Selain itu ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai teknik industri, selengkapnya disini
lintasberita

Artikel Terkait



1 komentar: