Pages

Pengolahan Citra di Teknik Industri

Perkembangan teknologi dewasa ini membuat manusia ingin meningkatkan efektifitas dan efisiensi dengan teknologi digital. Sebagai contohnya, dahulu mayoritas manusia apabila ingin mengambil gambar suatu objek masih menggunakan kamera analog, akan tetapi sekarang dapat menggunakan kamera digital yang hasilnya dapat diolah, disimpan dan dikirim secara elektronik. Komputer mempunyai peran yang sangat besar dalam pengolahan data karena memiliki kemampuan komputasi tinggi, sehingga data yang diolah menjadi sebuah informasi. Salah satu data tersebut bisa berupa gambar atau citra digital yang mampu diolah untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dan efisien karena pengolahan data tersebut dilakukan oleh sistem komputer.

Sejak kemunculan pertama gambar digital tahun 1920, terutama munculnya aplikasi dalam teknologi komputer dalam memproses gambar digital tahun 1960 pemrosesan sebuah gambar dalam komputer menjadi lebih mudah. Gambar digital atau citra digital tersebut dapat diolah dengan komputer untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dan efisien. Pengolahan data tersebut selanjutnya disebut sebagai pengolahan citra (image processing). Fungsi atau operasi utama pengolahan citra adalah mampu menghasilkan informasi dari objek berupa citra digital sehingga dapat mengenali karakteristik atau pola untuk bisa diolah lebih lanjut dan mendapatkan informasi secara otomatis.

Teknologi pengolahan citra saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan akan terus berkembang. Memang pengolahan citra merupakan bidang yang sangat menarik dan sangat luas aplikasinya. Teknologi pengolahan citra oleh komputer saat ini banyak digunakan pada berbagai bidang, seperti kedokteran, pertanian, biologi, geografi, dan lain-lain. Bidang teknik industri merupakan salah satu bidang yang menerapkan pengolahan citra walaupun belum sebanyak dan setenar bidang-bidang lainnya terutama bidang pertanian dan biologi. Namun justru pada bidang teknik industri lah perkembangan pengolahan citra sangat cepat dibandingkan dengan bidang-bidang yang lain. Selain dilihat dari semakin banyaknya industri-industri yang bermunculan dan juga tuntutan untuk menghasilkan berbagai keluaran berkualitas tinggi pada produk-produk yang dihasilkan oleh tiap industri. Industri terus berkembang dan menuntut perbaikan efektifitas dan efisiensi dalam sistemnya dan salah satu tool untuk menggapainya adalah dengan menerapkan teknologi pengolahan citra.

Di dunia teknik industri, pengolahan citra lebih dikenal dan lebih banyak digunakan dan dikembangkan dalam bidang quality inspection. Pengolahan citra dalam bidang quality inspection di industri digunakan untuk melakukan tes kualitas melalui bentuk fisik suatu produk seperti produk makanan/minuman kaleng, botol, dsb. Penerapan teknologi pengolahan citra di bidang teknik industrI sebenarnya tidak hanya terbatas di quality inspection saja, namun juga di hal-hal lain seperti assembly, safety, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penelitian-penelitian pengolahan citra di berbagai lembaga pendidikan teknik industri di Indonesia sudah selayaknya dikembangkan dan sampai ke tahap aplikatif yang berguna bagi dunia industri. Penelitian di bidang pengolahan citra mempunyai kelebihan yakni relatif tidak membutuhkan biaya yang besar karena cukup mengandalkan komputer sebagai pemrosesnya. Topiknya pun bisa berasal dari ide-ide kreatif yang berawal dari berbagai permasalahan yang muncul di industri.
lintasberita

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar